Ketentuan PPDB SMPN 2020

  1. Calon peserta didik baru harap mempertimbangkan jarak tempat tinggal dengan sekolah tujuan.
  2. Calon peserta didik baru dari Kabupaten Ponorogo maupun dari luar Kabupaten Ponorogo hanya mendapatkan 1 (satu) token yang digunakan untuk mendaftar. Token bersifat rahasia dan wajib diingat/dicatat
  3. Calon peserta didik baru dapat memilih dan menentukan urutan sekolah yang diinginkan, maksimal 2 (dua) sekolah dari 56 SMPN di Kabupaten Ponorogo. Pada Jalur Prestasi, Calon peserta didik baru hanya dapat memilih 1 (satu) SMP Negeri.
  4. Calon peserta didik baru dapat mengubah pilihan sebanyak 1 (satu) kali. Perubahan pilihan dilakukan paling akhir 3 (tiga) jam sebelum penutupan pendaftaran PPDB.
  5. Panitia PPDB SMP Negeri melakukan pengecekan titik koordinat berdasarkan data yang diisi oleh calon peserta didik baru/orang tua/wali.
  6. Calon peserta didik baru yang telah diterima wajib mendaftar ulang dengan menyerahkan tanda bukti pendaftaran sesuai jadwal yang ditentukan.
  7. Apabila calon peserta didik baru yang diterima tidak mendaftar ulang sesuai jadwal yang ditentukan, maka dinyatakan mengundurkan diri.
  1. Jalur Zonasi memiliki kuota paling sedikit 50% (lima puluh persen) dari daya tampung sekolah.
  2. Calon peserta didik baru jalur zonasi dapat memilih 2 (dua) pilihan sekolah tujuan dalam zonasi dan/atau di luar zonasi.
  3. Calon peserta didik baru jalur zonasi ditentukan berdasarkan jarak yang diukur dengan aplikasi google maps
  4. Pemberian skor jarak antara 100 - 0, berdasarkan kedekatan tempat tinggal ke sekolah tujuan dengan kelipatan setiap 200 (dua ratus) meter dikurangi 1 (satu) skor;
  5. Calon peserta didik baru berdasarkan Kartu Keluarga (KK) orang tua/wali dan tinggal bersama orang tua/wali, dengan ketentuan Kartu Keluarga diterbitkan kurang dari 1 (satu) tahun sebelum pelaksanaan PPDB maka verifikasi dan validasi data CPDB akan dilakukan sinkronisasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ponorogo bahwa CPDB tidak melakukan perpindahan dalam kurun waktu yang disyaratkan.
  6. Calon peserta didik baru yang perpindahannya tidak memenuhi seperti poin 5 tetap bisa dipertimbangkan jika alasan kepindahannya memenuhi kriteria:

    • Pindah dengan seluruh keluarga sesuai dengan Kartu Keluarga.
    • Pindah dirumah milik sendiri dengan dibuktikan sertifikat kepemilikan rumah atau dokumen lain yang sah;.
    • Yang bersangkutan benar-benar tinggal dirumah tersebut dibuktikan Surat Keterangan RT, diketahui RW dan Desa/ Kelurahan setempat.
    • Ada alasan yang logis dan bisa dipertanggungjawabkan .
  7. Calon peserta didik baru yang bertempat tinggal sesuai dengan Kartu Keluarga (KK) dan dalam satu Kecamatan dengan sekolah tujuan ditambah score 20.
  8. Calon peserta didik baru yang bertempat tinggal tidak sesuai dengan Kartu Keluarga (KK) dapat diganti dengan Surat Keterangan Domisili dari Ketua RT disetujui Ketua RW, diketahui lurah/kepala desa setempat yang menerangkan bahwa peserta didik yang bersangkutan benar-benar telah berdomisili paling singkat 1 (satu) tahun sejak diterbitkannya Surat Keterangan Domisili.
  9. Calon peserta didik baru dapat diberikan Surat Keterangan Domisili hanya yang benar-benar telah berdomisili/bertempat tinggal bersama orang tua/wali dan sekolah asal dekat domisili/tempat tinggal, dan tidak diberikan tambahan skor.
  10. Surat Keterangan Domisili wajib dilampiri dengan Pakta Integritas (format dapat diunduh di web ppdb) yang ditandatangani oleh Ketua RT, Ketua RW, dan lurah/kepala desa, bermaterai cukup.
  11. Calon peserta didik baru yang memperoleh total skor tertinggi dan sesuai pagu dicantumkan dalam laman https://ppdbponorogo.net atau papan pengumuman di sekolah.
  12. Apabila terjadi score yang sama maka selanjutnya penentuan score berdasarkan usia pendaftar dan nomor urut pendaftaran.
  13. Calon peserta didik baru yang namanya tercantum dalam laman https://ppdb.ponorogo.net atau papan pengumuman, hadir di SMP Negeri tujuan (jika masa darurat COVID-19 telah berakhir) dengan membawa dan menunjukkan data/dokumen asli: bukti cetak pendaftaran online, kartu keluarga/surat keterangan domisili, dll. sesuai ketentuan persyaratan untuk diverifikasi dan divalidiasi oleh panitia PPDB SMP Negeri.
  1. Jalur afirmasi memiliki kuota paling sedikit 15% (lima belas persen) dari daya tampung sekolah.
  2. Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jalur afirmasi, dengan ketentuan sebagai berikut:

    • Pendaftaran berasal dari keluarga tidak mampu pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Perlindungan Sosial lainnya.
    • Calon Peserta Didik Baru mengunduh Surat Keterangan Tidak Mampu dan Pakta Integritas dari laman https://ppdbponorogo.net, melengkapi dan mengunggah kembali ke laman https://ppdbponorogo.net
    • Mekanisme penerimaan Jalur Afirmasi sama dengan Jalur Zonasi dengan alokasi daya tampung khusus untuk Calon Peserta Didik Baru Afirmasi
  1. Jalur prestasi memiliki kuota paling banyak 30% (tiga puluh persen) dari daya tampung sekolah.
  2. PPDB Jalur prestasi dibagi menjadi 2 (dua) kategori berdasarkan :

    • Nilai Ujian Sekolah/ Madrasah sebagaimana tercantum dalam SKL sebesar maksimal 10 %
    • Prestasi Lomba sebesar maksimal 20 %
  3. Pendaftaran CPDB jalur Prestasi dilakukan secara online dengan cara mengunggah sertifikat dan/atau bukti prestasi yang telah diraih pada laman https://www.ppdbponorogo.net sesuai jadwal terlampir;
  4. Perangkingan nilai SKL berdasarkan rata-rata nilai akhir dan apabila terjadi kesamaan Nilai Akhir Jalur Prestasi kategori NUS/M dari beberapa peserta, maka prioritas diberikan kepada CPDB dengan nilai yang lebih tinggi dari SHUS/M dengan urutan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam, selanjutnya urutan usia pendaftar;
  5. Persyaratan CPDB kategori Prestasi Lomba Akademik, Non Akademik, dan Olahraga harus melampirkan:

    • Fotokopi Kartu Keluarga penduduk Kabupaten Ponorogo dengan menunjukkan aslinya;
    • Fotokopi piagam/sertifikat kejuaraan dengan menunjukkan aslinya;
  6. Jalur prestasi kategori Prestasi Lomba terdiri dari lomba Akademik, lomba Non- Akademik, dan lomba Olahraga;
  7. Kejuaraan pada jalur prestasi kategori Prestasi Lomba Akademik dan Non Akademik yang diakui adalah kejuaraan yang diraih/diperoleh pada 3 (tiga) tahun terakhir;
  8. Kejuaraan pada jalur prestasi kategori Prestasi Lomba Olahraga yang diakui adalah kejuaraan yang dilaksanakan secara berjenjang yang diraih/diperoleh pada 3 (tiga) tahun terakhir dan bukan turnamen terbuka;
  9. Ketentuan lebih lanjut mengenai jenis dan kriteria prestasi lomba/pertandingan, diatur lebih lanjut dalam petunjuk teknis.
  1. Jalur perpindahan tugas orang tua/wali memiliki kuota paling banyak 5% (lima persen) dari daya tampung sekolah.
  2. Calon peserta didik baru mendaftar secara online.
  3. Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jalur Perpindahan Tugas, dengan ketentuan sebagai berikut:

    • Calon peserta didik baru/orang tua/wali menyerahkan data/dokumen (fotokopi kartu keluarga, SK/SKEP orang tua/wali, dan dokumen lainnya).
    • Kuota jalur perpindahan tugas orang tua/ wali dapat digunakan untuk anak guru dan tenaga kependidikan, yang orang tuanya mengajar/ bekerja di sekolah satmingkal